Selasa, 24 Mei 2011

PERUBAHAN ANAK-ANAK YANG SEMAKIN JAUH DENGAN LELAGON DOLANAN

PERUBAHAN ANAK-ANAK YANG SEMAKIN JAUH DENGAN LELAGON DOLANAN
Studi Kasus di Dk. Salam, Ds. Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali
Oleh
Kiwanto*


Pendahuluan

”Lelagon dolanan dewasa ini dalam kondisi memprihatinkan. Jenis komposisi musikal karawitan Jawa itu terkepung oleh berbagai produk seni industri yang tampil glamour, praktis, dan ekonomis. Pesona kemasan produk seni industri telah memikat masyarakat luas sebagai alternatif pilihan jenis hiburan yang murah dan mudah didapat. Intensitas tayangan produk seni industri di berbagai media massa yang hampir tiada henti pada setiap hari semakin mengibarkan seni industri populer di kalangan masyarakat luas. Di lain pihak gending-gending dolanan yang sarat kandungan nilai luhur budaya bangsa semakin terpinggirkan. Lambat taun masyarakat semakin jauh dengan lelagon dolanan.”[1]
”Istilah dolanan berasal dari kata dolan yang mendapatkan akhiran -an. Dolan berarti bermain. Sedangkan dolanan memiliki dua pengertian. Pertama dolanan sebagai kata benda yang berarti permainan, kedua dolanan sebagai kata kerja yang berarti bermain. Dolanan anak dapat diartikan sebagai permainan anak. Apabila susunan katanya dibalik misalnya anak – bocah – dolanan artinya menjadi lain yakni: anak – sedang – bermain. Anak yang dimaksud dalam tulisan ini adalah fase umur seseorang antara sekitar 6 sampai 12 tahun.”[2]
”Lagu dolanan yang dimaksud dalam tulisan ini adalah komposisi musikal karawitan Jawa baik vokal maupun instrumental yang teks lagu dan garap musikalnya didesain untuk keperluan dolanan dan atau ’enak’ sebagai musik pendukung permainan. Lelagon dolanan sering dikaitkan dengan dunia anak. Dalam hal ini lelagon dolanan anak dicipta dan atau digarap untuk dapat dimainkan atau dinikmati oleh anak. Karena ditujukan untuk anak-anak maka komposisi musikal yang dicipta dan atau digarap mempertimbangkan kondisi fisik dan psikis anak.”[3]

Pada massa sekarang ini, lagu dolanan tersebut dapat digolongkan sebagai lagu yang langka dinyanyikan oleh anak-anak. Anak-anak jaman sekarang lebih sering menyanyikan lagu-lagu populer seperti vierra, ungu, st-12, nidji, dan lain-lain dari pada lagu anak-anak. Melalui media massa seperti televisi, radio, maupun rekaman audio-visual anak-anak lebih sering mendapatkan sajian lagu-lagu populer daripada lagu-lagu dolanan, yang di mana lagu-lagu anak seperti lagu dolanan ini masih sangat jarang ditayangkan di media massa tersebut.
”Mungkin untuk generasi sekarang sudah banyak yang tidak mengenal lagu dolanan – jawa – ini, terutama yang lahir diluar daerah jawa tentunya. Tetapi untuk bapak atau eyang kita tentu sangat akrab dengan lagu dolanan karena memang pada jaman dulu permainan modern belum banyak atau bahkan belum ada seperti Play Station misalnya yang menurut saya membuat anak menjadi individualistis atau senang menyendiri. Dibanding dengan anak-anak masa dulu yang senang berkumpul melakukan kegiatan diluar rumah.
Berikut sebagian "Lagu Dolanan" yang masih saya ingat:




CUBLAK-CUBLAK SUWENG
cublak cublak suweng.. suwenge ting gelenter..
mambu ketundung gudel
pak empong lera-lere
sopo ngguyu ndelikkake
sir-sir pong dhele gosong
sir sir pong dhele gosong

Sluku-sluku bathok
Sluku-sluku bathok
bathoke ela-elo
si romo menyang solo
oleh-olehe payung moda
tak jenthir ololobah
wong mati ora obah
yen obah medeni bocah
yen urip nggoleko dhuwit

Gotri nagasari
gotri legendri nogosari, ri
riwul iwal- iwul jenang katul, tul
tulen olen-olen dadi manten, ten
tenono mbesuk gedhe dadi opo, po
podheng mbako enak mbako sedeng, deng
dengklok engklak-engklok koyo kodok

Dayohe Teka
Ei.., dayohe teko,
Ei.., jerengno kloso,
Ei.., klosone bedah,
Ei.., tambalen jadah,
Ei.., jadahe mambu,
Ei.., pakakno asu,
Ei.., asune mati,
Ei.., guwangen kali,
Ei.., kaline banjir
Te Kate Dipanah
Te kate dipanah
Dipanah ngisor gelagah
Ana manuk konde-onde
Mbok sirbombok mbok sirkate
Mbok sirbombok mbok sirkate

Gek kepriye
Duh kaya ngene rasane
Anake wong ora duwe
Ngalor ngidul tansah diece
Karo kanca kancane
Pye pye pye pye ya ben rasakna
Pye pye pye pye rasakna dewe
Pye pye pye pye ya ben rasakna
Pye pye pye pye rasakna dewe

Pitik Tukung
Aku duwe pitik pitik tukung
Saben dina tak pakani jagung
Petok gok petok petok ngendok pitu
Tak ngremake netes telu
Kabeh trondol trondol tanpa wulu
Mondol mondol dol gawe guyu

Ilir-ilir
Lir ilir..lir ilir..tanduré wus sumilir Tak ijo royo­royo..taksengguh temantèn anyar
Cah angon.cah angon..pènèkké blimbing kuwi , Lunyu-lunyu ya pènèken kanggo masuh dodotira
Dodotira dodotira kumitir bedhah ing pinggir Dondomana jlumatana kanggo séba méngko soré Mumpung padhang rembulané
Mumpung jembar kalangané Ya suraka..surak horéé

Kate – Kate Dipanah
Te kate dipanah
dipanah ngisor nggelagah
ana manuk ondhe ondhe
Mbok sir bombok bok sir kate
Mbok sir bombok mbok sir kate

Menthok – menthok
Menthok menthok tak kandhani
Saksolahmu angisi-isini
Mbok ya aja ngetok
Ana kandhang wae
Enak-enak ngorok ora nyambut gawe
Menthok-menthok mung lakumu
Megal-megol gawe guyu

Kupu Kuwi
Kupu kuwi tak encupe
Mung abure ngewuhake
Ngalor-ngidul
Ngetan bali ngulon
Mrana-mrene mung sak paran-paran
Mbokya mencok tak encupe
Mentas mencok clegrok
Banjur mabur kleper

Cempa
Cempa rowa
Pakananmu apa rowa
Tuku gendhing ndhing ndhing ndhing
Rowang rawing wing wing wing
Bong kecebong jarane jaran bopong
Sing nunggangi Semar Bagong
Ecrek-enong ecrek-egung ecrek-enong ecrek-egung

Jago Kate
Jago kate te te te
Kukukluruk … kok
Amecece ce ce ce
Kukukluruk
Dibalang watu bocah kuncung
Keok … kena telehe
Njranthal … pelayune
Mari umuk mari ngece
Si kate katon nyekukruk

PADANG MBULAN
Yo, poro konco dolanan ning jobo
Padang mbulan, padange koyo rino
Rembulane sing ngawe-awe
Ngelingake ojo podo turu sore

KODOK NGOREK
Kodok ngorek kodok ngorek ngorek pinggir kali
teyot teblung teyot teblungteyot teyot teblung
Bocah pinter bocah pinter besuk dadi dokter
bocah bodho bocah bodho besuk kaya kebo

KIDANG TALUN
Kidang talun
mangan gedang talun
mil kethemil...mil kethemil...
si kidang mangan lembayung

DONDHONG APA SALAK
dhondhong apa salak dhuku cilik cilik
gendong apa mbecak mlaku thimik thimik
adhik ndherek ibu tindak menyang pasar
ora pareng rewel ora pareng nakal
mengko ibu mesthi mundhut oleh-oleh
kacang karo roti adhik diparingi

PITIK TUKUNG
Aku duwe pitik, pitik tukung..
saben dina, tak pakani jagung
petok gogok petok petok ngendhog siji,
tak teteske...kabeh trondhol..dhol..dhol..
tanpa wulu..megal-megol.. gol.. gol.. gawe guyu...

JARANAN
jaranan-jaranan... jarane jaran teji
sing numpak ndara bei
sing ngiring para mantri
jeg jeg nong..jeg jeg gung
prok prok turut lurung
gedebug krincing gedebug krincing
prok prok gedebug jedher

GUNDHUL-GUNDHUL PACUL
Gundhul gundhul pacul cul, gembelengan
nyunggi nyunggi wakul kul, petentengan
wakul ngglimpang, segane dadi sak latar
wakul ngglimpang, segane dadi sak latar

MENTHOK-MENTHOK
Menthok, menthok, tak kandani mung lakumu,
angisin-isini mbok yo ojo ngetok,
ono kandhang wae enak-enak ngorok,
ora nyambut gawe
menthok, menthok ...
mung lakumu megal megol gawe guyu

GAMBANG SULING
Gambang suling, ngumandhang swarane
tulat tulit, kepenak unine
uuuunine.. mung..nreyuhake ba-
reng lan kentrung ke-
tipung suling, sigrak kendhangane

SUWE ORA JAMU
Suwe ora jamu
jamu godong tela
suwe ora ketemu
ketemu pisan gawe gela

TAK LELO LELO LEDUNG
tak lelo lelo lelo ledung...
cup menenga aja pijer nangis
anakku sing ayu rupane
nek nangis ndak ilang ayune
tak gadang bisa urip mulyo
dadiyo wanita utomo
ngluhurke asmane wong tua
dadiyo pendekaring bangsa
cup menenga anakku
kae bulane ndadarikaya ndas butho nggilani
agi nggoleki cah nangis
tak lelo lelo lelo ledung
cup menenga anakku cah ayu
tak emban slendang batik kawung yen nangis mudak gawe bingung tak lelo lelo ledung..”
[4]


Pada massa sekarang ini lagu-lagu tersebut sudah sangat jarang terdengarkan dinyanyikan anak-anak oleh telinga kita. Lagu yang di desain khusus untuk lagu dolanan anak-anak tersebut sudah sangat langka dinyanyikan dan dikenal oleh anak-anak.  Perubahan yang terjadi pada anak-anak tersebut tentunya bukan kejadian yang instant begitu saja. Suatu akibat pasti terjadi karena adanya suatu sebab yang di mana dalam perubahan anak-anak tersebut terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi hingga lelagon dolanan ini menjadi suatu hal yang langka dinyanyikan anak-anak pada massa ini.

Rumusan Masalah dan Wilayah Pendekatan

            Perubahan sosial anak-anak yang semakin jauh dengan lagu dolanan tersebut tentunya menarik untuk dibahas lebih dalam. Untuk lebih mendalami penelitian, penulis membahas tentang kasus ketertinggalan lelagon dolanan dalam dunia anak yang di mana penulis memilih obyek sasaran penelitian adalah anak-anak usia 6-12 Tahun di kampung halaman penulis yaitu di dusun Salam, desa Samiran, kecamatan Selo, kabupaten Boyolali.
            Penelitian tersebut dilakukan dengan alasan bahwa; penulis merupakan masyarakat dalam yang secara langsung memahami perilaku-perilaku anak-anak di daerah tersebut.  Walaupun demikian, keabsahan data tetap menjadi prioritas dalam pembahasan ini.
            Untuk mengkaji tentang perubahan yang terjadi dalam lagu dolanan anak tersebut, penulis menemukan permasalahan:
Bagaimana perbedaan antara anak-anak dahulu dengan anak-anak sekarang kaitannya dengan lelagon dolanan?, Faktor-faktor apa yang mempengaruhi perubahan lelagon dalam dunia anak?
Permasalahan tersebut berada pada wilayah kajian perubahan kehidupan sosial anak-anak yang di mana pada massa sekarang ini anak-anak semakin jauh dengan lelagon dolanan. ”Perubahan sosial merupakan sebuah konsep yang menunjuk kepada perubahan fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan, mulai dari tingkat individu sampai tingkat sosial, dan juga mencakup perubahan struktur sosial.”[5]


A. Lelagon Dolanan pada Tahun 50-an (Pasca Kemerdekaan)

Pernyataan yang dinyatakan Suryo Haryono[6] di atas tentunya merupakan bukti bahwa lelagon dolanan pada dahulunya sangat dekat dan akrab dengan anak-anak. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan mbah Glumut:
”Ndisek jaman cilek’anku lagu-lagu dolanan Jawa pancen lagu sing dinyanyekke cah cilek-cilek. Tur, ndisek onone mung lagu-lagu ngono kui, rhung enek lagu-lagu koyo jaman saiki kui koyo band-bandnan, dangdut sing nyok tayangke gon tv kuwi. Ndisek jaman  aku sekolah, lagu-lagu ngono kui kerep diwarahke guru tur ora mung diwarahi nembang tok, maknane ro maksute lagu yo disejarahke guru. Aku ndisek sekolahku neng SR (Sekolah Rakyat), jamanku kuwi rhung ono SD, ning sekolah SR kuwi carane saiki yo padane sekolah SD.    Ndisek neng SR kuwi ora mung pelajaran thok, kelas siji nganti kelas loro sing diwarahke yo tembang-tembang dolanan ngono kuwi nek pelajarane etung-etung karo nulis, kelas telu pelajarane ’mata angin’, kelas papat ’sejarah’, kelas lima ’ilmu bumi’, karo kelas nem ’ilmu alam utowo ilmu hayat. Awet kelas tiga nganti kelas nem tembang-tembang sing diwarahke tembang-tembang macapat. Ndisek biasane sak durunge bali sekolah biasane do nembang sik neng sekolahan. Terus kanca-kancane sing do ra sekolah isone ngapalne mergo le nyok amor kanca-kancane sing do sekolah. Ndisek ora mung pelajaran kuwi tok, ndisek yo diwarahi nari, toprakan, ro liya-liyane. Nek saiki cah cilek-cilek wes do ra nggatekke karo lagu-lagu ngono kuwi, cah cilek-cilek saiki palah luweh seneng nyanyi lagu band-bandnan katimbang lagu-lagu dolanan kuwi. Masalahe, saiki koyo tv, karset-karset, radio sing kerep tayangke yo mung lagu-lagu band-bandnan kuwi, dadine cah cilek-cilek apale palah karo lagu-lagu ngono kuwi. Ndisek jaman cilekanku rhung ono tv, enek’e mung radio kuwi we mung siji loro sing nduwe.   Sing nyok disiarke yo mung tembang-tembang Jawa, toprak, wayang, rhung ono lagu band-bandnan ngono kuwi. Nek lagu-lagu koyo saiki kuwi aku palah ra mudeng.”[7]

”Dulu pada jaman kecilku lagu dolanan memang lagu yang sering dinyanyikan oleh anak-anak. Apalagi, dulu adanya cuma lagu-lagu seperti itu, belum ada lagu seperti jaman sekarang seperti musik-musik band yang sering ditayangkan di televisi. Dulu waktu aku sekolah, lagu-lagu dolanan tersebut sering diajarkan guru dan bukan cuma mengajari nyanyi saja, makna dan maksut dari lagu dolanana tersebut juga diajarkan oleh guru. Aku dulu sekolah di SR – Sekolah Rakyat, pada massa itu belum ada SD, tapi sekolah SR itu bila disamakan pada massa sekarang sama halnya dengan SD – Sekolah Dasar. Di SR itu bukan pelajaran saja, dari kelas satu sampai kelas dua diajari lagu-lagu dolanan dan pelajarannya berhitung dan menulis, kelas tiga pelajarannya Mata Angin, kelas empat pelajarannya Sejarah, kelas lima Ilmu Bumi, dan kelas enam Ilmu Alam atau Ilmu Hayat. Dari kelas tiga sampai kelas enam lagu-lagu yang diajarkan adalah lagu-lagu macapat. Dulu biasanya sebelum pulang sekolah anak-anak bernyanyi bersama-sama dahulu di dalam kelas. Dan untuk teman-teman yang tidak bersekolah bisa mengenal lagu-lagu tersebut karena sering berhubungan langsung dengan teman-teman yang sekolah. Dulu bukan cuma pelajaran itu saja, dulu juga diberi pelajaran nari, toprak, dan lain-lain. Kalau sekarang anak-anak sudah kurang memperhatikan lagu-lagu dolanan tersebut, anak-anak sekarang lebih senang menyanyikan lagu-lagu populer dari pada lagu-lagu dolanan tersebut. Masalahnya sekarang seperti televisi, radio, media audio-visual – media massa – lebih sering menayangkan lagu-lagu populer tersebut, jadinya anak-anak lebih hafal dengan lagu-lagu populer tersebut. Dulu jaman kecilku belum ada televisi, adanya Cuma radio itupun cuma satu atau dua warga yang punya. Yang sering disiarkan pun lagu-lagu Jawa, wayang, ketoprak, dan gak ada lagu-lagu populer seperti itu. Kalau seperti lagu-lagu populer tersebut aku palah tidak tau.”

Dari pernyataan di atas menunjukkan bahwa lagu dolanan anak pada massa itu memang sangat digemari oleh anak-anak pada umumnya. Media massa pada waktu itu belum memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan anak-anak yang di mana media massa pada waktu itu belum menjadi sesuatu hal yang umum dalam masyarakat.  Melihat pernyataan tersebut penulis melihat faktor-faktor yang mendukung kehidupan anak-anak sehingga dapat menggemari lelagon dolanan tersebut:

1. Faktor Pendidikan
Salah satu pengaruh kegemaran anak-anak menyanyikan lagu dolanan pada waktu itu adalah pengaruh pendidikan. Sejak pendidikan dasar mereka telah mendapatkan pelajaran mengenai lagu-lagu dolanan tersebut. Pada waktu itu yang menjadi sumber pengetahuan dan wawasan hanyalah melalui pendidikan sekolah. Pada jaman dahulu media massa belum cukup berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Melalui pendidikan sekolah itulah anak-anak dapat mengenal dunia luar yang di mana lagu-lagu dolanan tersebut diperoleh melalui pendidikan di bangku sekolah.
Melalui pendidikan sekolah tersebut, anak-anak yang tidak bersekolah secara langsung dapat memahami dan menghafalkan lagu-lagu dolanan dari anak-anak yang bersekolah melalui sudah terbiasanya mendengarkan lagu-lagu dolanan tersebut dalam kehidupannya.

2. Faktor Sosial
Pada jaman dahulu tentunya anak-anak tidak mudah untuk mengenal dunia luar di luar lingkup kehidupannya, dalam kehidupannya anak-anak hanya berada pada lingkup lingkungan hidupnya saja yang di mana lelagon dolanan pada waktu itu merupakan sesuatu hal yang sudah umum dinyanyikan oleh kalangan anak-anak. Dalam lingkup kehidupannya – budayanya – anak-anak juga merasa kesulitan untuk mempelajari lagu-lagu orang dewasa seperti lagu-lagu dalam  gendhing-gendhing Karawitan. Selain itu anak-anak juga kurang mengenal musik-musik lain selain musik-musik yang berada di daerahnya.  Dengan demikian, lagu dolanan tersebut dengan mudahnya dapat digemari oleh anak-anak.


B. Lelagon Dolanan pada Tahun 90-an (Era Lagu Dangdut)

            Pada massa ini lagu dolanan juga cukup digemari oleh anak-anak, itupun tidak sebanding dengan pada tahun 50-an.
”Seiring dengan perkembangan jaman, pada sekitar tahun 90-an di dalam masyarakat sudah mulai bermunculan media teknologi modern seperti televisi walaupun jumlahnya masih sedikit. Radio dan tape yang dulunya masih sangat jarang dimiliki masyarakat, yang terjadi pada tahun ini sudah menjadi hal yang umum dalam kehidupan masyarakat yang di mana sebagian besar dari masyarakat sudah mempunyai media massa elektronik tersebut.”[8]

            ”Segala sesuatu mengalami perubahan, tidak hanya sesuatu yang bergerak, namun juga sesuatu yang tetap. Perubahan sosial juga terjadi dalam kehidupan tradisional terlebih dalam kehidupan modern.”[9] Pada massa ini media massa cukup memberi dukungan yang besar terhadap perkembangan seni tradisi di Indonesia. Seperti yang dituturkan oleh Sutar:
“Dulu pada massa itu yang sering ditayangkan di radio, tape, dan televisi adalah acara-acara seperti karawitan, ketoprak, wayang kulit – orang, dan pada waktu itu musik modern yang cukup terkenal dalam masyarakat adalah musik dangdut yang di mana tokoh paling populer saat itu adalah Rhoma Irama. Berbeda dengan sekarang, sekarang media massa seperti televisi, radio, cd, atau tape lebih sering menampilkan lagu-lagu populer. Kalau massa kecilku dulu, lagu-lagu dolanan masih cukup diminati anak-anak, tetapi pada waktu itu anak-anak juga menyukai tayangan-tayangan modern seperti musik dangdut.”[10]

Berdasarkan pernyataan di atas, dapat kita lihat bahwa dari waktu ke waktu media teknologi khususnya media massa di Indonesia semakin berkembang. Perkembangan media massa tersebut tentunya sangat memberikan manfaat yang besar terhadap masyarakat yang di mana masyarakat dapat menambah wawasan dan pengetahuaannya terhadap dunia luar melalui media massa tersebut. Selain itu, melalui media massa tersebut anak-anak juga mulai mengenal dan menyukai musik dangdut yang di mana musik dangdut pada waktu itu merupakan musik yang sedang populer di Indonesia. Tetapi yang terjadi pada lagu dolanan adalah dari sebagian besar lagu-lagu dolanan yang ada, anak-anak hanya hafal beberapa lagu saja dari lagu-lagu dolanan yang ada.
”Perubahan sosial dapat terjadi karena adanya penggerak yang berasal dari dalam dan dari luar. Penggerak perubahan yang berasal dari dalam misalnya sikap masyarakat terhadap penemuan baru, sikap masyarakat untuk maju, dan sikap keterbukaan masyarakat terhadap perubahan. Penggerak perubahan dari luar misalnya pengaruh pergaulan dengan dunia luar, pengaruh kebudayaan asing, dan lain sebagainya.”[11]

Perkembangan jaman di satu sisi memang bermanfaat bagi kehidupan manusia, di sisi lain manusia yang mengikuti alur perkembangan tersebut sering meninggalkan kebudayaan asli mereka. Hal ini seperti yang terjadi pada lagu dolanan, dengan hadirnya lagu-lagu modern di tengah kehidupan anak-anak, lagu dolanan pun secara perlahan-lahan terkikis dari kehidupan anak-anak. Lagu dolanan yang tadinya mengandung nilai-nilai luhur, hanya dianggap nyanyian biasa bagi anak-anak.


C. Lelagon Dolanan pada Tahun 2010 (Era Lagu Populer)

            Lelagon dolanan pada massa ini merupakan lagu yang langka dinyanyikan oleh anak-anak saat ini. Lagu-lagu dolanan yang masih terdengarkan oleh kita saat ini adalah lagu ilir-ilir, menthok-menthok, suklu-suklu bathok, dan lain-lain. Namun, lagu-lagu ini bukan lagi menjadi nyanyian rutinitas anak-anak yang sering dinyanyikan, di mana anak-anak lebih suka menyanyikan lagu-lagu populer daripada lagu-lagu dolanan tersebut.
            Menurut Udin; dia sebenarnya juga hafal sebagian dari lagu-lagu dolanan, tetapi dia lebih suka dan sering menyanyikan lagu-lagu populer daripada lagu-lagu dolanan. Menurut dia lagu-lagu band-band-an – lagu populer – lebih asyik dan gaul daripada lagu-lagu dolanan. Di rumah anak ini banyak sekali ditemukan cd lagu-lagu populer di Indonesia dan tidak ada satu pun cd atau rekaman lagu-lagu dolanan yang ada di rumahnya.[12] Begitu juga dengan Alwan dan Rohman; mereka malah merasa malu ketika menyanyikan lagu dolanan dihadapan teman-temannya karena menurutnya lagu-lagu dolanan tidak sebagus dan menarik seperti lagu-lagu populer.[13] Dengan demikian, anak-anak pada umumnya merasa sungkan menyanyikan lagu-lagu dolanan tersebut dan lebih menyukai lagu-lagu populer.
            Dalam kehidupan sehari-hari anak-anak selalu berhadapan langsung dengan media elektronik seperti televisi, radio, cd/vcd, tape, dan lain-lain. Pada saat ini lagu yang sering ditunjukkan – ditampilkan – pada media tersebut kebanyakan adalah lagu-lagu populer, dan sangat jarang media seperti itu menampilkan lagu-lagu dolanan. Sehingga anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan apa yang lihat dan apa yang didengar secara capat. Dengan demikian, lagu-lagu populer tersebut dengan mudahnya dapat dihafalkan oleh anak-anak.
”Bila dicermati, keengganan masyarakat untuk memilih, mementaskan, bahkan sekedar menghargai gending-gending dolanan tidak hanya karena tersedia pilihan seni industri yang tampil dengan kemasan memikat, melainkan juga kurangnya perhatian dari masyarakat seni karawitan untuk melestarikan, mengembangkan, dan menawarkan secara kreatif lelagon dolanan kepada khalayak luas sejalan dengan kebutuhan mereka akan seni pertunjukan. Manakala di berbagai media elektronik intensif menayangkan aneka macam seni pertunjukan industri, masyarakat karawitan hanya turut larut sebagai penonton. Mereka belum tergugah untuk melakukan tindakan inovatif pada lelagon dolanan agar dapat diterima oleh masyarakat luas. Di tengah-tengah ketatnya persaingan produk seni yang berbasis kebutuhan seni masyarakat luas, seyogyanya masyarakat karawitan Jawa bertindak secara kreatif, inovatif terhadap seni yang digeluti sehingga karya-karya karawitan mampu bersaing dengan produk seni industri. Dengan tindakan kreatif, memungkinkan seni karawitan Jawa hidup dan berkembang secara wajar serta tidak ditinggalkan oleh masyarakat pendukungnya. Orang bijak mengatakan bahwa di tengah kesulitan selalu ada peluang. Gending-gending dolanan yang kini ibarat hidup segan mati tak mau menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para kreator gending atau seniman karawitan Jawa untuk mereaktualisasi dan mempopularisasikan lelagon dolanan di tengah-tengah masyarakat luas. Bila hal ini dapat terwujud, maka selain aset seni budaya bangsa ini memiliki masyarakat pendukung juga kandungan nilai luhur pembentuk karakter bangsa dapat dikenal dan tersampaikan kepada masyarakat luas.”[14]

Lagu-lagu dolanan sendiri sampai saat ini belum ditemukan karya-karya baru yang dikenal di tengah-tengah masyarakat. Semua lagu-lagu dolanan yang ada pada saat ini merupakan lagu-lagu yang sudah ada sejak lama yang di mana hal tersebut merupakan salah satu pengaruh yang menyebabkan lagu-lagu dolanan terasa monoton,  sampai saat ini pun masih terasa lagu-lagu dolanan  belum mengalami perkembangan. Sedangkan, untuk lagu-lagu populer sering kali bermunculan karya-karya baru maupun group-group baru. Hal tersebut sudah sering kali kita temukan di media massa elektronik yang sudah begitu akrab dengan kehidupan kita.


Kesimpulan

            Perkembangan jaman dan teknologi pada dasarnya memang bermanfaat bagi kemajuan kehidupan manusia. Di sisi lain seiring perkembangan tersebut manusia sering lupa dengan latar belakang budaya mereka yang sudah lama dilakukan oleh pendahulunya. Seperti halnya yang terjadi pada lelagon dolanan, sekarang ini lagu dolanan tergolong lagu langka yang dinyanyikan oleh anak-anak.
            Seiring perkembangan jaman dan teknologi tersebut, mulai bermunculan lagu-lagu di Indonesia yang tergolong modern yang bergerak dalam dunia industri. Lagu-lagu ini seperti lagu-lagu populer dan dangdut yang sering kita dengarkan saat ini. Melalui media massa elektronik, lagu-lagu tersebut sudah menjadi tontonan sehari-har yang sering disaksikan oleh masyarakat umum. Sedangkan, seiring perkembangan jaman tersebut lagu-lagu dolanan sangat jarang di media massa maupun industri rekaman yang di mana lagu dolanan tidak mengalami kemajuan yang cukup berarti sampai saat ini.
            Faktor utama yang mempengaruhi tidak berkembangnya lagu dolanan adalah para seniman-seniman yang ahli dalam bidang ini,  di tengah-tengah ketatnya persaingan produk seni yang berbasis kebutuhan seni masyarakat luas, para seniman masih kurang kreatif dan inovatif terhadap karya yang digelutinya. Pada saat ini seniman-seniman tersebut sudah sangat jarang membuat karya-karya lagu dolanan yang baru dan mengemas lagu-lagu dolanan tersebut untuk bersaing di tengah-tengah maraknya musik-musik industri. Sehingga, pada saat ini lagu-lagu dolanan terkesan hanya jalan di tempat dan tidak bergerak untuk maju.


Webtografi



Suparno, T. Slamet. “Beberapa Pendekatan Sosiologis dalam Penelitian Karawitan”, STSI Surakarta, artikel dalam Imaji, Vo1.4, No.2, Agustus 2006:166–188, pada lembaran pdf.

Widodo. 2010, “Nilai-nilai Luhur dalam Lelagon  Dolanan” artikel dalam http://www.j-harmonia.com , Jum’at  tgl. 5 Februari.


Wawancara


Glumut,                                             60 Tahun
Tarman,                                             32 Tahun
Sutar,                                                 28 Tahun
Alwan,                                               12 Tahun
Udin,                                                   9 Tahun
Rohman,                                             6 Tahun
    



              




* Penulis merupakan mahasiswa Jurusan Etnomusikologi ISI Surakarta tahun angkatan 2009.
[1] Widodo. 2010, “Nilai-nilai Luhur dalam Lelagon  Dolanan” artikel dalam http://www.j-harmonia.com , Jum’at  tgl. 5 Februari.
[2] Ibid.
[3] Ibid.
[5] Lauer, dikutip Suparno, T. Slamet. “Beberapa Pendekatan Sosiologis dalam Penelitian Karawitan”, STSI Surakarta, artikel dalam Imaji, Vo1.4, No.2, Agustus 2006:166–188, pada lembaran pdf. Hal: 184.
[6] Lihat kutipan hal. 2 pada kalimat kedua.
[7] Wawancara dengan Mbah Glumut (60 tahun) pada tanggal 1 Juli 2010, jam 18.00-20.00.
[8] Wawancara dengan Tarman (32 Tahun), pada tanggal 1 Juli 2010, jam 21.00, terjemahan.
[9] Suparno, T. Slamet. “Beberapa Pendekatan Sosiologis dalam Penelitian Karawitan”, STSI Surakarta, artikel dalam Imaji, Vo1.4, No.2, Agustus 2006:166–188, pada lembaran pdf. Hal: 184.
[10] Wawancara dengan Sutar (28 Tahun), pada tanggal 1 Juli 2010, jam 22.00, terjemahan.
[11] Suparno, T. Slamet. “Beberapa Pendekatan Sosiologis dalam Penelitian Karawitan”, STSI Surakarta, artikel dalam Imaji, Vo1.4, No.2, Agustus 2006:166–188, pada lembaran pdf. Hal: 184-185.
[12] Wawancara dan Pengamatan dengan Udin (9 Tahun), wawancara tgl 24Juni 2010.
[13] Wawancara dengan Alwan (12 Tahun), tgl 4 Juli 2010. Rohman (6 Tahun), tgl 3 Juli 2010.
[14] Widodo. 2010, “Nilai-nilai Luhur dalam Lelagon  Dolanan” artikel dalam http://www.j-harmonia.com , Jum’at  tgl. 5 Februari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar