Senin, 17 Desember 2012

Budaya Bajak


BAJAKAN ITU PERLU
Oleh
Kiswanto


Memang, anjuran ini terkesan pembodohan dan maksiat bagi manusia yang berakhlak dan mengerti hukum, bahkan bisa saja saya disebut provokator bagi masyarakat. Jangan salah, selain media massa, pembajakan merupakan hal yang cukup membantu kepopuleran suatu karya musik – lagu. Kepopuleran mereka-mereka – group band atau penyanyi, sangat dibantu dengan adanya pembajakan.
            Pengamat musik Bens Leo tak memungkiri jika ada penyanyi atau grup band yang meyakini bahwa aktivitas pengunduhan gratis di internet secara ilegal bisa menjadi salah satu media promosi yang murah meriah. Hal ini pun sudah terbukti terhadap beberapa artis Indonesia. “Contohnya adalah Kangen Band. Dulu lagu grup band asal Tanjung Karang itu dibajak ketika diputar di radio. Lalu dicari-cari, dijadikan komersil dan dibawa ke Jakarta. Akhirnya diburu dan populer," kata Bens kepada detikINET, Jumat (22/7/2011). Selanjutnya adalah grup band Armada. Bens mengatakan, grup band Armada dulu bernama Kertas dan lagunya dibajak dalam album yang sama dengan Kangen Band. "Kini, mereka pun memiliki hits yang sangat kuat," lanjutnya.(www.pandumusica).
Hal di atas sudah dapat menjelaskan betapa ‘berharganya’ pembajakan bagi artis-artis tersebut. Para pembajak bagaikan pahlawan bagi mereka, mereka menjadi seperti sekarang ini karena pembajakan. Bagi para musisi yang ingin terkenal, kasus-kasus tersebut dapat dipertimbangkan dan dicontoh.  Namanya juga usaha, siapa tau dengan menawarkan membajak dan membajakkan karya sendiri dengan cuma-cuma bisa menjadi artis terkenal.
            Di sisi lain, memang ada pihak yang sangat dirugikan, yaitu mayor lebel. Proses rekaman yang menghabiskan biaya berjuta-juta hanya dicuri dan dijual dengan harga murahan. Sangat wajar jika produser rekaman melarang dan menghindari adanya pembajakan, selain rugi material juga karena tidak dihargai dan terhina ulah para pembajak.
            Ada baik ada buruk, ada hitam ada putih, bukannya tak menghargai proses dan hukum, tapi kerugian itu biar diurusi mereka yang mengalami. Toh, lebih banyak yang diuntungkan dari pada yang dirugikan. Selain artis menjadi terkenal, banyak pihak yang diuntungkan. Mari kita telusuri manfaat-manfaat dari pembajakan ini.
            Di tengah-tengah perkembangan jaman dan sulitnya mencari pekerjaan. Membajak dan menjual rekaman bajakan dapat menjadi pilihan untuk mencari penghasilan. Pekerjaan yang tidak terlalu menguras keringat. Misalnya penjual, melalui bajakan rekaman yang telah dikirim, mereka tinggal bersantai dan menunggu dagangannya dibeli orang. Tak begitu susah penghasilan pun dapat.
Berbicara modal, pembajak lah yang membutuhkan modal usaha cukup banyak untuk membeli teknologi pembajak. Pembajak juga jangan dianggap remeh, walaupun ilegal bahkan bisa disebut pencuri, mereka juga harus berpikir dan menentukan strategi pasar agar hasil bajakannya dapat ditampung oleh penjual. Di sini, para pembajak juga harus pandai-pandai me-manage usaha yang mereka jalani.
Selain itu, perlu juga dipahami bahwa mayoritas penduduk Indonesia terdiri dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Banyak pertimbangan tentunya jika harus membeli sebuah CD/ rekaman dengan harga yang cukup tinggi. Pembanjakan cukup berperan di sini, dengan mudah masyarakat dapat mendapatkannya sekaligus menikmatinya.
Jika berbicara hukum, pembajak tergolong sebagai pencuri. penjual adalah penjual hasil curian, dan pembeli adalah penadah. Dalam kasus ini, semua telah melanggar hukum, semua salah, dan semua telah terjerat pasal-pasal hukum. Jika polisi menyikapi kasus ini, tentunya akan kualahan; penertiban dan razia terhadap penjualan CD bajakan tidak akan merata, penertiban hanya akan menimbulkan ketidak adilan.
Alangkah baiknya kita hiraukan hal ini saja karena permasalahan ini cukup kompleks. Jika kita hanya membicarakan persoalan negatif dari pembajakan, ini hanya pemikiran sempit saja. Seharusnya berpikir lebih luas, dibalik kejahatan ini lebih berlipat-lipat tersimpan kebaikan dan bermanfaat bagi masyarakat secara umum. Semua uraian-uraian sudah cukup menjelaskan bahwa pembajakan masih sangat diperlukan di Negeri tercinta ini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar